Cara Perawatan Lovebird Bakalan Biar Ngekek Panjang

Perawatan Lovebird – Tidak semua penghobi yang memelihara burung Lovebird Bakalan bertujuan untuk diikutkan lomba yang mana sebagian pasti dipelihara hanya sekedar untuk menemani waktu santai di rumah. Fenomena ini tentu sangat berasalan mengingat jenis burung Lovebird sendiri bukan burung biasa yang hanya sekedar mempunyai bakat suara Ngekek saja. Bisa dibilang, Loverbird termasuk burung hias indah yang terdapat dalam macam warna mulai dari merah, hijau, oranye, kuning dan masih banyak lagi. Meskipun semisal belum bisa berkicau ngekek, melihat warna tubuhnya saja memang sudah cukup menghibur.

Perawatan Lovebird Bakalan

Lovebird Bakalan (https://www.facebook.com/Jual-beli-burung-love-bird-351393621580008/)

Terlepas dari itu semua, Lovebird bakalan sendiri memang kerap dijadikan pilihan utama para penghobi untuk mencetak burung master yang mampu berbicara banyak, baik dari arena perlombaan maupun di rumah. Cukup banyak yang memilih memulai dari awal daripada harus membeli burung Lovebird dewasa yang sudah gacor. Disamping ada kepuasan tersediri, Lovebird usia muda memang dibanderol lebih murah. Untuk harga Loverbird lokal rata-rata hanya dipatok dengan harga Rp200 hingga Rp300 ribuan.

Hanya saja perlu diingat sekali lagi, Lovebird sendiri mempunyai siklus berkicau. Dalam artian segala kemampuan kicauannya juga tergantung umur. Saat masih umur 4 bulan, rata-rata masih dalam tahap belajar bersuara. Pada umur 5 bulan, Lovebird muda atau bakalan sudah cukup piawai dalam bersuara. Bahkan Kicauannya pada saat umur 5 bulan tersebut diketahui bertujuan untuk menarik pasangannya. Baik jantan atau betina setiap masingnya sudah bisa berbunyi ngekek untuk menarik perhatian pasangan satu sama lain.

Oleh sebab itu, sebaiknya hal tersebut perlu disadari oleh penghobi yang semisal belum tahu banyak seputar burung Lovebird. Dimana tidak sedikit penghobi yang cenderung memaksakan kemampuan kicauan Lovebird, tanpa membiarkan kemampuannya berkembang dengan sendirinya. Alangkah lebih baik lebih fokus pada perawatan lovebird harian yang tidak berlebihan (standar). Mulai dari pemandian, penjemuran, pemberian pakan dan sebagainya. Mungkin sekilas perawatan standarnya tidak berbeda dengan jenis burung penyanyi kebanyakan, hanya saja beberapa cara merawat Lovebird Bakalan berikut ini sudah dipercaya bisa membuatnya cepat ngekek.

Rutin Memandikan Sampai Basah Kuyup

Dikutip dari laman omkicau.com, usut punya usut perawatan lovebird bakalan hingga basah kuyup bisa memicu stamina, sehingga bisa membuatnya bisa bunyi sampai berdurasi panjang. Sekilas setelan memandikannya sendiri tidak berbeda dengan jenis burung lain, namun sifatnya lebih spesifik. Pemandian bisa dimulai pada pukul 07.00 pagi, bisa menggunakan metode semprot ataupun keramba. Poin terpentingnya ialah ia benar-benar harus basah kuyup. Setelah itu dijemur selama 3 jam, yakni pukul 07.00 – 10.00. Kemudian anginkan-anginkan sebentar setidaknya selama 15 menit dan gantang di teras rumah atau di tempat teduh lainnya. Jam 12 siang mandikan lagi sampai basah kuyup dan setelah itu gantang di tempat teduh kembali. Pada sore saat memasuki masa santainya, sebaiknya putarkan suara lovebird mp3 untuk memasternya. Lakukan kebiasaan ini setiap hari (Baca: Suara Lovebird).

Perawatan Lovebird Pada Pakan

Cepat atau tidaknya mencetak burung Lovebird bakalan bisa cepat Ngekek juga dipengaruhi oleh pakan milet. Milet sendiri sebaiknya diberikan dengan makanan lovebird racikan yang bervariasi. Misalnya seperti milet merah putih, hemp seed, pellet, kuaci dan sebagainya. Jika pakan lovebird milet tidak diberikan secara selingan, Lovebird usia muda juga rawan kegemukan sehingga bisa malas bunyi. Tidak lupa sebuah pakan Extra Fooding seperti sayur-sayuran dan buah-buahan sebaiknya juga musti diberikan. EF sendiri diketahui bisa memicu birahinya agar cepat keluar sehingga bisa rajin bersuara. Berikan pakan kangkung, tauge, jagung muda secara bergatian setiap harinya. Untuk masalah pakan buah sendiri sebaiknya hanya diberikan 1 – 2 kali dalam seminggu.

Berikan Multivitamin Penunjang Perawatan Lovebird

Disamping kebersihan sangkar, tidak lupa setiap pemilik sebaiknya juga memberikan mutivitamin dan mineral untuk menjaga kesehatannya. Terlebih lagi saat musim penghujan, baik pakan dan sangkarnya sangat rawan terkontaminasi bakteri. Oleh sebab itu, sebaiknya terus perhatikan kebersihannya. Terlebih lagi Lovebird tergolong burung yang mudah terjangkit penyakit seperti dada Nyilet, dan penyakit dada Nyilet itu sendiri tidak akan mudah tumbuh jika burung Lovebird bakalan kerap diberikan multivitamin dan kebersihan sangkarnya terus dijaga. Untuk mendapatkan multivitaminnya cukup mudah, sebab hampir semua toko burung menjualnya dengan berbagai merek dan harga yang bervariasi.

Source:

ciri ciri lovebird ngekek panjang, ciri fisik lovebird ngekek panjang, cara memilih lovebird ngekek panjang, umur berapa lovebird mulai ngekek, cara merawat lovebird, perawatan lovebird, cara merawat anakan lovebird umur 3 bulan, umur lovebird ngekek panjang, umur berapa lovebird ngekek panjang, cara merawat love bird