Pakan / Makanan Lovebird Supaya Cepat Ngekek

Makanan Lovebird – Kunci kesuksesan dari merawat lovebird supaya ia memiliki potensi yang lebih menjanjikan terutama pada segi kerajinan berkicau sekaligus kesehatannya ialah bergantung pada setelan atau pola perawatan harian. Jika rawatan-nya kurang diperhatikan misalnya kandang selalu kotor, maka bukannya ia malah rajin buka paruh tetapi justru sangat dikhawatirkan kalau nantinya akan membuatnya menjadi rentan terserang berbagai penyakit. Oleh karena itu, supaya lovebird selalu terjaga kesehatannya, sehingga untuk kedepannya ia lebih mudah dalam mengembangkan kemampuan berkicaunya, maka ada baiknya jika lebih memperhatikan perawatan hariannya.

Makanan Lovebird

Lovebird (angganoer – kaskus)

Selain dengan selalu menjaga kebersihan kandang agar burung tetap sehat, beberapa perawatan lain juga tidak ada salahnya jika dicoba guna memperoleh lovebird yang lebih mumpuni. Adapun rawatan harian yang umum diberikan oleh para kicau mania kepada burung dari suku atau keluarga Psittaculidae ini, dan yang sekaligus dipercaya mampu membuatnya lebih rajin buka paruh adalah dengan teratur memandikan setiap pagi dan sore hari (bila perlu dilatih supaya mau mandi sendiri), dan sedikit polesan tambahan yang berupa pelatihan kicau atau yang umumnya disebut pemasteran. Disamping proses memaster sendiri, agar hasilnya lebih maksimal maka sangat baik jika makanan lovebird lebih diutamakan.

Menyinggung tentang pakan lovebird biar ngekek panjang, sebenarnya tidak terlalu sulit untuk diberikan. Bisa dikatakan begitu, sebab jenis pakan yang menyehatkan serta dipercaya mampu membuat burung yang tergolong pada genus Agapornis ini menjadi lebih rajin ngekek, dapat didapatkan dengan mudah dan tanpa perlu membuat jenis asupan yang berupa makanan lovebird racikan atau buatan sendiri. Adapun beberapa jenis santapan yang dapat disajikan pada lovebird dan tidak menutup kemungkinan kalau bisa membuatnya tetap sehat dan lebih rajin buka paruh, antara lain milet putih maupun merah, canary seed (biji kenari), dan lain sebagainya. Untuk lebih lengkapnya lagi mengenai jenis pakan lovebird yang membuatnya ngekek, sebagaimana berikut;

Milet Putih dan Merah

Makanan lovebird yang mana paling umum diberikan oleh para kicau mania salah satunya adalah milet putih dan milet merah. Di dalam makanan yang berupa bijian ini, mengandung beraneka macam nutrisi yang sangat dibutuhkan untuk proses pertumbuhan lovebird. Adapun beberapa nutrisi yang terkandung pada milet antara lain protein, lemak, dan hidrat arang. Memberikan jenis bijian ini secara teratur, diyakini dapat membuat burung menjadi aktif sehingga lebih sehat, dan memungkinkannya untuk lebih bisa rajin buka paruh. Terlepas dari itu, milet juga banyak diyakini bahwa mampu mencukupi kebutuhan nutrisi terhadap lovebird yang sedang terkena snot (penyakit mata).

Namun karena juga terdapat kadar lemak didalamnya, maka ada baiknya jika milet tidak diberikan secara berlebihan. Jika sampai disajikan pada burung dengan porsi yang berlebih, dan bila sampai berlangsung dalam jangka waktu yang lama maka sangat dikhawatirkan bila nantinya burung menjadi obesitas atau kegemukan. Dan apabila kondisi burung sampai mengalami obesitas, tidak bukan tidak mungkin kalau ia justru akan cenderung kurang aktif atau lebih tepatnya malas-malasan. Burung yang kurang aktif, umumnya akan cenderung kurang sehat sehingga lebih enggan untuk buka paruh. Hal yang bisa dilakukan supaya pemberian milet tidak terlalu berlebihan yakni dengan mem-variasi ataupun mecampur milet dengan canary seed.

Canary Seed / Biji Kenari (Kanarium Memmum)

Pakan loverbid biar ngekek yang berupa canary seed atau biji kenari ini, sebenarnya juga umum diberikan kepada kenari, parkit, finch, blackthroat, dan burung pemakan biji-bijian lainnya. Disamping itu, kandungan yang ada di dalam biji kenari hampir sama halnya dengan milet, yakni keduanya sama-sama menyimpan kadar protein, lemak, dan hidrat arang. Beberapa nutrisi tersebut, banyak diyakini bahwa mampu menambah stamina, memperbaiki suara burung yang mulanya serak atau bahkan macet bunyi, dan menyegarkan tubuh burung.

Canary seed (kanarium memmum) yang banyak dianggap baik oleh para kicau mania untuk diberikan kepada burung yakni yang biji yang sudah tua, tidak berbau, berwarna kuning mengkilap, dan kering bersih. Disisi lain, untuk bijian yang masih muda ditandai dengan warna putih dan lunak jika ditekan, banyak dibilang cenderung tidak terlalu bagus untuk diberikan. Terlepas dari itu, karena juga mengandung lemak yang bisa menyebabkan burung terjangkit obesitas, maka tidak ada salahnya jika biji kenari diberikan secara divariasi maupun dicampur dengan milet.

Jagung manis

Jagung manis adalah salah satu makanan lovebird yang banyak dipercaya bisa menjaga kesehatan mata. Disamping itu, jagung manis juga cukup digemari oleh lovebird. Di dalam jenis pakan ini terkandung zat nutrisi yang beragam, seperti vitamin B dan C, crypthoxanthin, beta karoten, lain folat, dan lain-lain. Beberapa kandungan semacam itu, diyakini mampu memperkuat otot serta meningkatkan kekebalan tubuh burung, khususnya untuk lovebird. Untuk pemberian jagung manis, ada baiknya jika yang disajikan kepada burung kondisinya masih muda. Bisa dibilang begitu, karena jagung yang masih muda memiliki tekstur yang lunak sehingga lebih mudah untuk dicerna.

Biji oat / haver (Avena sativa)

Biji oat sangat cocok diberikan pada burung yang usai pulih dari masa sakit, dan bisa memperbaiki ataupun menambah kegemukan pada burung yang tubuhnya kurus. Disamping itu, karena pakan atau makanan lovebird yang berupa bijian ini mengandung protein, kalori dan karbohidrat, maka sangat bagus disajikan kepada indukan burung yang masih meloloh (menyuapi anaknya). Jika piyikan lovebird oleh indukannya diloloh dengan biji oat, maka kemungkinan pertumbuhan dari si anakan akan jauh lebih pesat.

Disisi lain, manfaat dari pemberian pakan biji oat yaitu banyak dipercaya mampu menenangkan dan mempercepat proses mabung, membenahi sistem kerja organ tubuh buruh burung khususnya pencernaan, meningkatkan ketenangan burung sehingga tidak mudah drop atau stres, memperbaiki struktur jaring bulu supaya terlihat lebih indah, membenahi struktur jaringan kulit agar tidak mudah iritasi, dan memperkecil kemungkinan serangan kolesterol jahat sehingga sistem peredaran darah dan jantung menjadi lancar.

Kecambah atau Toge

Pakan lovebird yang berupa kecambah banyak dianggap bahwa bisa meningkatkan stamina burung sehingga lebih aktif dan lebih rajin buka paruh dengan suara ngekek berdurasi panjang. Disamping itu, kandungan yang ada pada pakan kecambah ternyata cukup beragam dan sangat dibutuhkan oleh burung untuk menunjang kecukupan kebutuhan berbagi nutrisi dalam proses pertumbuhannya. Adapun beberapa kandungan gizi yang terdapat pada kecambah meliputi energi, protein, lemak, karbohidrat, serat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, B dan C.

Buah apel merah

Hampir sama halnya dengan kecambah, makanan lovebird berupa buah apel juga banyak dipercaya bahwa mampu meningkatkan stamina burung sehingga suara lovebird bisa lebih lantang (Baca: Suara Lovebird). Untuk pemilihan jenis apel, ada baiknya jika memilih apel merah, sebab selain lebih manis dibandingkan dengan apel hijau, apel merah juga banyak diklaim kalau mempunyai kandungan gizi yang lebih lengkap.

Disisi lain, sebelum disajikan kepada burung dan supaya terhindar dari zat berbahaya seperti pestisida, maka sebaiknya apel dibersihkan dengan cara dicuci terlebih dahulu. Setelah dicuci, apel bisa dikupas maupun tidak, tapi yang terpenting adalah dipotong kecil-kecil lebih dulu dan kemudian bisa dimasukkan ke dalam cepuk atau wadah yang biasa digunakan untuk makan oleh burung. Tujuan dari pemotongan apel hingga berukuran kecil yakni agar bisa dikonsumsi lovebird dengan lebih mudah.

Sayur Kangkung

Makanan lovebird berupa sayur kangkung, oleh para kicau mania banyak diyakini bahwa mampu meningkatkan birahi burung. Dan dampak dari burung yang birahi adalah lebih rajin berkicau. Karena bisa berpengaruh pada birahi burung, tidak dapat diherankan apabila kangkung menjadi kerap diberikan kepada lovebird yang hendak dilombakan dan yang sedang dibudidayakan atau dikembangbiakkan dalam penangkaran.

Sedangkan untuk bagian yang bagus disajikan kepada lovebird yakni bagian daun kangkung. Bisa dibilang begitu, karena bagian daun memiliki kandungan air yang cenderung sedikit dibandingkan dengan bagian batang yang mana kadar airnya lebih tinggi sehingga lebih mudah membusuk. Dan apabila bagian kangkung, entah itu daun ataupun batang, telah membusuk namun tapi tetap dikonsumsi oleh burung maka akan berdampak kurang baik bagi tubuhnya, terutama gangguan pada sistem pencernaan.

Source:

membuat pakan lovebird sendiri, racikan pakan lovebird agar ngekek panjang, ramuan lovebird ngekek panjang, pakan racikan lovebird agar ngekek panjang, cara agar lovebird ngekek aktif, manfaat milet merah buat lovebird, membuat lovebird ngekek aktif, racikan pakan lovebird, manfaat canary seed untuk lovebird, ramuan pakan lovebird lomba