Macam-macam Jenis Burung Madu / Kolibri

Kolibri sangat termasuk salah satu burung yang mengagumkan, baik dari suara kolibri maupun warna serta bentuk tubuh yang dimiliki. Segala keindahan yang dimiliki burung yang bewarna-warni tersebut tentunya sudah sangat dikenal baik banyak masyarakat. Disamping mempunyai suara dan perawakan, ada beberapa keistimewaan lain dari burung yang sifatnya sangat dikagumi banyak masyarakat. Baik itu untuk Jenis Kolibri Wulung, Kelapa, Ninja dan Sepah Raja dikenal sebagai burung yang mampu melakukan penyerbukan alami terhadap aneka tumbuhan dan pepohonan di alam.

Mungkin berawal dari kelebihan itu juga, mengapa jenis burung Kolibri sendiri termasuk flora yang dilindungi oleh pemerintah. Selain habitat aslinya di alam liar sudah semakin terancam lantaran berbagai hal, pembudidayaan burung Kolibri juga terbilang bukan pekerjaan mudah. Dalam artian, pemerintah hanya memperbolehkan beberapa lapisan masyarakat atau lembaga untuk memperhatikan pembudidayaannya dan tidak boleh untuk memeliharanya. Bagi masyarakat yang kedapatan melanggar, tentunya burung akan disita atau bahkan akan dijatuhi sanksi pidana.

Adapun beberapa hal lain yang mungkin barangkali perlu diketahui. Pada dasarnya penyebutan burung Kolibri sendiri untuk spesies yang satu ini kuranglah tepat, sebab unggas pengicau yang mempunyai kominasi bulu warna-warni ini biasanya burung yang dikenal dari keluarga Nectarinidae. Untuk itu, istilah atau panggilan yang tepat ialah burung madu. Berbeda dengan Kolibri, sebab ia merupakan burung dari keluarga Trochilidae. Meskipun keduanya mempunyai kemiripan, baik dari segi fisik maupun suara namun istilah panggilan Kolibri dan Madu sendiri sudah sangat berbeda.

Meskipun terkesan demikian, namun rasanya hal tersebut cukup wajar-wajar saja yang mana keduanya memang mempunyai kemiripan sehingga cukup sulit untuk membedakannya. Jadi masyarakat di Indonesia lebih mengenalnya dengan nama burung Kolibri daripada Madu. Berbagai jenis burung Kolibri yang ada di Indonesia sendiri terdapat dalam berbagai ciri warna bulu dan habitat kesukaan, namun mempunyai ciri makanan kesukaan yang tidak berbeda, yakni sama-sama gemar memakan madu dan nektar bunga. Berikut semua jenis Kolibri terpopuler di Tanah Air, lengkap dengan gambar:

1. Kolibri Wulung / Kaca (Anthreptes Singalensis)

Gambar Kolibri Wulung

Burung Kolibri Wulung (nothinghill – birdforum.net)

Jenis burung madu pertama ialah Kolibri Wulung. Unggas yang bernama latin (ilmiah) Anthreptes Singalensis ini sedikit berbeda. Tidak seperti lainnya, di alam bebas ia kerap terlihat sendirian daripada harus membentuk koloni. Meskipun demikian, menariknya ia justru lebih sering terlihat berbaur dengan jenis burung pengicau lain pada saat mencari makan ataupun pada saat bertengger di pohon. Burung yang terkadang juga dipanggil dengan nama Kolibri Kaca ini menyukai pinggiran hutan dan perkebunan kelapa. Makanan kesukaan jenis ini meliputi madu, serangga kecil dan ulat. Pada saat masa berkembang biak, sedikitnya si betina untuk jenis burung yang satu ini mampu mengasilkan 1-2 butir telur.

2. Kolibri Kelapa / Manggar (Anthreptes Malacensis)

Gambar Kolibri Kelapa

Burung Kolibri Kelapa (wikimedia.org)

Tidak hanya diketahui mempunyai suara dan perawakan yang indah, jenis yang satu juga diketahui memiliki satu bagian khas yang membedakan dirinya dengan sejenisnya. Kolibri Kelapa atau Manggar dikenal sebagai sub-spesies teritorial yang lebih agresif. Di habitat asli, ia tidak akan segan-segan menyerang burung lain jika dirasa ada yang menggangu tempat tinggalnya. Serupa dengan jenis burung Madu pada umumnya, ia juga menyukai makanan madu dan nektar bunga. Selain itu, terkadang ia juga sering terlihat mengkonsumsi berbagai serangga kecil dan ulat-ulatan. Sementara itu, saat memasuki masa reproduksi si betina juga akan membuat sarang menggantung di ranting atau di semak-semak untuk melahirkan 1 hingga 2 butir telur.

3. Kolibri Ninja / Konin (Nectarinia Calcostetha)

Gambar Kolibri Ninja

Burung Kolibri Ninja (Neil – birdforum.net)

Saat ini mungkin kebanyakan penghobi lebih mengenalinya daripada jenis burung Madu lain. Kolibri ninja atau Konin paling banyak menyita perhatian banyak penghobi. Selain mempunyai suara ngeroll yang khas, ia juga diketahui mempunyai tingkah laku Ngobra saat berkicau layaknya burung Murai Batu dan Kacer. Di Indonesia sendiri, sebenarnya ia merupakan jenis sub-spesies ketinga. Dua diantaranya ialah King Konin dan ras yang mempunyai ciri dada bewarna hitam. Wilayah penyebaran paling banyak di Tanah Air untuk jenis ini sendiri meliputi Pulau Jawa, Kalimantan dan Sumatera. Sama halnya dengan lainnya, ia juga menyukai makanan bunga nektar dan madu.

4. Kolibri Sepah Raja (Aethopyga Siparaja)

Gambar Kolibri Sepah Raja

Burung Kolibri Sepah Raja (79492850@N00 – flickr)

Aethopyga Siparaja atau lebih dikenal Kolibri Sepah raja, adalah salah satu jenis yang bisa dibilang paling mudah dikenali daripada jenis burung Madu lainnya. Warna merah untuk burung yang satu ini sangat khas, sehingga sudah menjadi identitas dirinya. Sama halnya dengan saudara-saudaranya, jenis yang satu ini kerap berlalu lalang di hutan-hutan mangrove untuk mencari makanan madu dan nektar bunga di berbagai pohon dadap. Selain itu, ia juga terkadang terlihat kerap mengais-ngais guguran daun di tanah untuk mencari makanan ulat dan serangga. Sudah menjadi ciri khas burung madu, pada saat memasuki musim kawin si betina akan membuat sarang menggantung di cabang pohon dan di ranting semak-semak untuk melahirkan 1 hingga 2 butir telur.

Source:

jenis kolibri, jenis kolibri yang paling bagus suaranya, jenis burung kolibri, jenis jenis kolibri dan gambarnya, jenis kolibri yang bagus, macam macam kolibri, jenis kolibri lokal, macam macam burung kolibri, macam burung kolibri, jenis burung madu