Daftar Harga Burung Ciblek / Prenjak Terbaru 2017

Harga Ciblek – Burung mungil yang termasuk ke dalam keluarga Cisticolidae ini, mempunyai tampilan khas yang tidak sulit untuk dikenali. Di alam liar, ia bisa tumbuh dengan panjang tubuh hingga 13 cm, atau lebih. Hampir semua bagian tubuhnya bewarna kecoklatan dan hijau-zaitun. Di Indonesia sendiri, burung ini kadang dinamai ciblek dan tak jarang dikenal dengan sebutan prenjak. Ciri khas yang paling mudah diingat dari burung ciblek adalah warna kedua sayapnya yang masing-masing mempunyai garis putih (peruntuk jenis prenjak jali). Selain itu, ciblek juga semakin mudah dikenali lantaran tingkah laku saat mengeluarkan suara ngebren-nya, yakni dengan mencondongkan ekor ke atas pada saat berkicau. Untuk harga burung ciblek sendiri, saat ini di pasaran masih bisa dibilang cukup terjangkau dibanding dengan harga pleci, yang mana keduanya memiliki ukuran tubuh serupa.

harga ciblek

Harga Ciblek (orientalbirdimages.org)

Meskipun ukuran tubuh dan harga ciblek berada jauh di bawah burung berkicau jenis lain seperti cucak ijo, anis merah, anis kembang, kacer, dan murai batu, namun suara ciblek yang banyak dijadikan sebagai isian atau masteran terhadap burung kontes lain, cukup diperhitungkan dan masih mendapat tempat di hati kicau mania tanah air. Entah kenapa suaranya yang cenderung monoton justru banyak dicari dan diisikan pada burung kontes, tapi banyak anggapan bahwa suara monoton ciblek memiliki nilai yang lebih dari para juri perlombaan gantangan, mungkin karena gacor ngebren-nya yang panjang tanpa tempo mampu menjadikan nilai plus. Untuk gacor ngebren ciblek, biasanya dijadikan masteran terhadap suara murai batu yang khusus dilombakan. Dengan beberapa kenyataan tersebut, menimbulkan banyak pertanyaan menyinggung harga burung cilek di pasaran, bahkan calon pembelinya dari kian waktu sudah semakin meningkat.

Pada dasarnya harga ciblek atau prenjak pari, gunung, jali, tambak dan kebun, di pasaran mempunyai kisaran harga yang cukup bervariasi dan tentunya semua telah dibedakan berdasarkan berbagai faktor. Salah satu faktor yang paling mendasar, biasanya harga dipengaruhi oleh sebuah tren. Dimana harga burung ciblek akan naik ataupun turun tergantung rendah maupun tingginya permintaan pasar, misalnya jika sepi peminat maka banderol yang ditawarkan oleh setiap penjual akan lebih murah dan begitupun sebaliknya. Selain itu, harga burung ciblek atau prenjak, biasanya juga disesuaikan dengan status burung yang diminta, misalnya harga ciblek anakan / trotolan, bakalan, mulai gacor, jenis jantan maupun betina, dan sudah bisa ngebren, tentunya semua pasti memiliki selisih harga yang berbeda-beda.

Terlebih lagi, jika burung ciblek yang ingin dibeli kerap memenangkan setiap ajang perlombaan gantangan di berbagai daerah antar komunitas, yang mana suara ngebren-nya cukup lantang sehingga sesuai dijadikan untuk memaster burung lain, maka harga yang ditawarkan pun bisa di atas rata-rata. Apabila rekan-rekan berminat untuk meminang burung kicau berukuran mini ini dan kemudian dilombakan atau dijadikan sebagai isian terhadap pengicau kontes lain, namun masih belum tau tolak ukurnya, maka tidak ada salahnya jika terlebih dahulu menyimak beberapa referensi berikut:

Harga Ciblek

  • Ciblek lumut bakalan bisa dipatok sampai dengan angka Rp. 15ribu
  • Ciblek lumut sudah bisa gacor terkadang dipatok sampai Rp. 50ribu
  • Ciblek klawu bakalan bisa sampai Rp. 30ribu
  • Ciblek klawu sudah bisa mengeluarkan kicauan gacor berkisar Rp. 125ribu
  • Ciblek padi bakalan sekitar Rp. 25ribu
  • Ciblek sawah gacor terkadang bisa sampai Rp. 125ribu
  • Ciblek putih tasik gacor rata-rata bisa sampai Rp. 350ribu bahkan lebih
  • Ciblek putih tasik bakalan berkisar Rp. 175ribu
  • Ciblek putih jatim masih bakalan bisa sampai Rp. 75ribu
  • Ciblek putih lokal gacor bisa mencapai Rp. 175ribu
  • Ciblek gunung masih bakalan berkisar Rp. 75ribu
  • Ciblek gunung tengahan bisa dibanderol Rp. 125ribu
  • Ciblek gunung gacor tengahan bisa dipatok sampai angka Rp. 250ribu

Daftar Harga Diperbarui Desember 2015

Menyinggung daftar harga ciblek seperti yang telah tertulis di atas, perlu diingat bahwa setiap daerah memiliki selisih harga berbeda dan setiap bulannya bisa mengalami perubahan, namun setidaknya beberapa referensi tersebut merupakan tolak ukur yang umum digunakan jual-beli di pasaran. Sedikit tips, bagi rekan-rekan kicau mania yang semisal belum tahu perihal memilih bakalan ciblek bagus, ada kalanya untuk membeli burung berkelamin jantan yang kepalanya tampak besar, paruh dan warna dadanya terlihat berwarna kehitaman, terakhir pilihlah bakalan burung ciblek yang mempunyai selera makan tinggi.

Source:

harga ciblek pari, prenjak ceblek jali harga 5 000000, harga burung ciblek pari, harga ciblek jal, harga ciblek kebun, harga prenjak lumut 2017