Daftar Harga Burung Cendet / Pentet Terbaru 2017

Harga Cendet / Pentet – Long-tailed Shrike atau lebih dikenal oleh masyarakat kicau mania dengan nama pentet, bentet, toet dan lebih umum cendet, juga termasuk kedalam jenis burung berkicau yang kerap diikutsertakan kedalam ajang kompetisi gantangan. Meskipun belum bisa dikategorikan sebagai burung berkicau papan atas layaknya anis merah atau punglor merah, cucak ijo, kacer, dan si premium murai batu, namun untuk kualitas suara cendet ternyata tak kalah dengan burung-burung gacoran jenis lain yang tengah populer, misalnya kenari. Dibanding kenari, cendet lebih unggul dalam kemampuan menirukan suara burung lain, dimana lebih cepat dan lebih banyak suara-suara yang bisa ditirukan olehnya. Dengan begitu, cukup wajar jika saat ini harga burung cendet dibanderol lebih tinggi dibandingkan harga kenari lokal.

Harga Burung Cendet Terbaru

Harga Cendet (birdskorea.org)

Dalam beberapa waktu terakhir, burung ini cukup menjadi perbincangan hangat oleh para penghobi burung, mulai dari masalah suara gacornya yang lantang merdu dan bervariasi, sampai harga cendet anakan / totolan dan bakalan untuk diisi atau dimaster. Sedangkan untuk suara isian master yang bisa diberikan pada cendet cukup beragam, tergantung pada kegemaran suara yang diinginkan oleh pemiliknya. Namun, adapun suara yang bisa ditirukan cendet dengan baik yakni suara lovebird, cililin, pelatuk, kenari, cucak jenggot, bahkan oleh kicau mania juga kerap diberi isian suara jangkrik dan belalang. Beberapa suara-suara tersebut, biasanya khusus diberikan untuk cendet yang dijadikan sebagai burung kontes atau perlombaan gantangan, jadi jika ia sudah terisi oleh suara seperti itu maka kemungkinan harganya pun juga ikut tunggi.

Meskipun perawakannya terlihat imut dan lucu, cendet merupakan burung predator yang cukup ganas. Dimana makanan favorit pada saat di habitat aslinya berupa kadal, serangga, tikus, sampai berbagai burung kecil lain. Wilayah penyebaran burung yang satu ini juga hampir tersebar luas di seluruh belahan dunia. Mulai dari benua Eropa, Afrika, dan Asia. Jika melihat data Lembaga analisis internasional IUCN Red List. Jenis burung ini masih berstatus resiko rendah (LC) yang mana ia bukan tergolong spesies yang bisa terancam keberadaan-nya. Menariknya, lembaga yang didirikan  di Inggris pada tahun 1964 tersebut juga mengatakan, bahwa burung cendet masuk dalam kategori burung peliharaan terfavorit di negara-negara Asia Tenggara, mungkin karena kemampuan gacor serta harga cendet yang cukup menjanjikan.

Terlepas dari itu, pentet memang merupakan burung istimewa yang dibandrol dengan nilai yang cukup bervariasi. Semua itu dibedakan berdasarkan jenis yang dimiliki, mulai dari harga cendet putih, kepala hitam, madura, jawa, dsb. Terlebih lagi untuk harga burung cendet hasil tangkapan dari hutan atau hasil ternak, tentu otomatis akan mempengaruhi harga yang ditawarkan. Baik untuk penjual maupun pembeli, pasti telah mempertimbangkan pada transaksi. Apabila ingin memelihara burung ini, ada baiknya jika membeli cendet yang masih anakan atau trotolan, selain harganya lebih terjangkau tapi juga akan lebih mudah dalam melakukan pemasteran. Bagi rekan-rekan kicau mania yang belum dan ingin mengetahui kisaran harga burung cendet terkini, silahkan untuk menyimak beberapa referensi berikut:

Harga Cendet Jawa Timur

  1. Cendet jawa bakalan bisa dihargai sampai Rp. 40ribu hinggaRp. 60ribu
  2. Cendet jawa trotolan dibandrol sekitar Rp. 50ribu sampai Rp. 75ribu
  3. Cendet jawa muda hutan mencapai Rp. 70ribu sampai Rp. 100ribu
  4. Cendet jawa sudah makan voer dihargai dengan nilai Rp. 75ribu sampai Rp. 125ribu

Harga Cendet Madura

  1. Cendet Madura anakan dihargai Rp. 75ribu dan bisa mencapai Rp. 100ribu
  2. Cendet Madura trotolan mempunyai nilai Rp. 125ribu sampai Rp. 175ribu
  3. Cendet Madura muda hutan dibanderol Rp. 100ribu hingga Rp. 150ribu
  4. Cendet Madura sudah makan voer sekitar Rp. 100ribu sampai Rp. 200ribu

Harga Cendet Gacor

  1. Cendet jantan blangkon muda bisa dipatok Rp. 200ribu
  2. Cendet jantan zoro semi masih dihargai Rp. 150ribu
  3. Cendet blangkon gacor bisa memiliki harga sekitar Rp. 300ribu
  4. Cendet semi gacor masih diangka sekitar Rp. 250ribu
  5. Cendet kelas lomba bisa mencapai Rp. 400ribu

Daftar Harga Diperbarui Desember 2015

Berbagai harga cendet yang ditawarkan oleh setiap penjual burung di berbagai daerah cukup bervariasi. Jika rekan-rekan memiliki budget tipis, maka bisa membeli cendet jawa trotolan ataupun yang sudah bakalan. Setelah membeli cendet bakalan, tibalah saat untuk melatihnya supaya memiliki suara yang lebih gacor, lantang, dan tentunya lebih bervariasi. Disinilah ketlatenan para penangkar cendet mulai diperhitungkan, sebab burung ini termasuk kedalam jenis burung ganas. Namun jika tidak ingin dipusingkan dengan lamanya perawatan bisa langsung membeli cendet juara lomba latber tingkat nasional maupun daerah. Meskipun harga burung cendet yang ditawarkan cukup mahal, namun akan lebih diringankan dalam proses perawatan dan tinggal menjaga kualitas suara gacor supaya tetap terjaga.

Source:

harga burung pentet, harga cendet kepala hitam, harga cendet, harga burung cendet, harga pentet jawa timur gacor, harga pentet, harga pentet madura, harga pentet jawa tengah, harga cendet putih, harga cendet coklat