Cara Mengatasi Lovebird yang Kurus atau Dada Nyilet

Mengatasi Lovebird Kurus – Burung Loverbird termasuk salah satu jenis burung dari ras berperuh bengkok yang teramat mengagumkan. Selain suara Ngekeknya, jenis burung tersebut juga sangat populer lantaran paling banyak terdapat dalam berbagai macam ukuran dan warna bulu (Baca: Suara Lovebird). Mulai dari kuning, hijau, abu-abu, putih dan masih banyak lagi. Dalam konteks lain, hanya saja Loverbird pastinya juga sama dengan lain yang mana juga rawan terkena serangan penyakit. Umumnya penyakit yang menyerang jenis Lovebird sendri ialah Prominent Keel atau yang lebih dikenal dengan nama penyakit Nyilet / Lovebird kurus.

Cara Mengatasi Lovebird yang Kurus atau Dada Nyilet

Lovebird Nyilet (AvianWeb)

Prominent Keel atau Penyakit nyilet pada burung Lovebird bisa dibilang suatu kondisi dimana burung sedang mengalami masalah kesehatan yang cukup serius. Gejalanya mungkin tidak berbeda dengan jenis burung penyanyi kebanyakan yang mana gejala yang timbul dari penyakit tersebut ialah badannya terlihat sangat kurus, saking kurusnya tulang-tulangnya hanya dibungkus kulit saja, hampir tidak ada daging sama sekali. Selain itu, gejala atau penyakit tersebut juga sangat mempengaruhi pertumbuhan tulang dadanya. Tulang dadanya akan terlihat seperti menonjol kedepan (membusung). Dan sudah tentu keadaan ini sangat tidak nyaman bagi si burung.

Meskipun terdapat dalam macam varian warna dan ukuran tubuh, namun botot untuk semua jenis Lovebird yang sehat umunya berkisar 45 hingga 55 gram. Jika bobot melebihi ukuran tersebut baik melebihi atau di bawahnya, maka burung bisa dikatakan sudah tidak sehat. Dalam artian, burung yang gemuk belum tentu bisa dikatakan sehat (obesitas). Jika bobot badan Loverbird turun 10 – 20%, maka burung sudah bisa dibilang sudah terkena penyakit Nyilet. Meskipun cukup banyak yang beranggapan penyakit prominent breast bone ini disebabkan lantaran kekurangan gizi, namun sebenarnya masih banyak faktor lain yang menyebabkannya.

Hanya saja sebelum membahas mengenai penyebab maupun cara mengatasi Loverbird dada nyilet, alangkah lebih baik membahas terlebih dulu gejala apa yang bisa ditumbulkan dari penyakit Nyilet sendiri. Alasan Prominent Keel bisa membuat tulang dada Loverbird bisa menonjol sendiri, karena penyakit tersebut membuat massa ototnya menghilang (atrophying). Tentu hal ini bisa membuat burung kehilangan stamina dan nafsu makan. Jika tidak segera ditangani, lambat laun burung akan kurus dan bahkan bisa mati.

Penyebab Penyakit Nyilet Pada Lovebird

Penyebab lovebird kurus/ Nyilet yang pertama ialah masalah pakan. Untuk masalah pakan perlu diperhatikan, baik untuk masalah gizi maupun porsi. Sebisa mungkin berikan pakan berkualitas yang mengandung nutrisi dan vitamin yang cukup untuk menunjang metabolisme Loverbird. Berdasarkan pengalaman beberapa penghobi lain, pakan SUPER OMEGA dinilai cukup bekerja. Selain mengandung vitamin dan protein tinggi, pakan tersebut juga dikalim cocok untuk pola pencernaan jenis burung berparuh bengkok.

Penyebab yang kedua biasanya berawal dari penyakit gondok burung. Tentunya gondok sendiri disebabkan oleh kekurangan mineral yodium. Alhasil, kelenjar tiroid pada burung jadi terganggu sehingga bisa terjadi pembengkakan. Gejala awal ditimbulkan mungkin awalnya tidak terlalu kelihatan, namun lama-lama akan semakin membesar. Benjolan tersebut umumnya bewarna cokelat dan kekuningan. Tidak hanya itu, pembengkakan kelenjar tiroid sebenarnya juga sangat mempengaruhi kondisi bagain tubuh yang lain seperti kekebalan tubuh menurun, metabolisme menurun, kelainan bulu dan sebagainya. Oleh sebab itu, sebuah garam bata notabenya juga sangat dianjurkan diberikan untuk meminimalisir penyakit gondok pada Lovebird.

Adapun masalah keracunan logam berat. Sebenarnya racun logam berat sendiri terdapat dalam berbagai macam jenis, namun keracunan yang umumnya menyerang burung ialah keracuanan seng, timah dan tembaga. Oleh sebab itu, bagi setiap pemilik sebisa mungkin menggunakan kandang atau sangkar yang berkualitas. Terlebih lagi untuk Lovebird, karena umumnya sangkar untuk burung Loverbird terbuat dari bahan besi dan kawat. Jika semisal sudah memiliki sangkar yang berkulaitas, namun sebaiknya selalu selalu megecek keadaan kawat. Sebisa mungkin jeruji kawat jangan sampai timbul karat.

Selajutnya adalah serangan parasit. Sebuah parasit sifatnya memang relatif atau tidak terlalu membahayakan kondisi kesehatan si burung jika burung kerap dimandikan atau diberi multivitamin. Hanya saja sebuah parasit lama-lama bisa sangat merugikan kesehatan, jika kebersihan dan gizi burung tidak diperhatikan. Dimana sebuah parasit bisa menggerogoti beberapa bagian dalam tubuh burung. Biasanya parasit yang menyerang burung Loverbird dan jenis burung lain ini sendiri berupa Cacing Elang, Giardia, Kutu dan sebagainya.

Cara Mengatasi Lovebird Kurus / Dada Nyilet

Sebenarnya penanganannya hampir tidak berbeda dengan jenis burung penyanyi lain. Langkah sederhana yang perlu dilakukan ialah pindahkan burung ke dalam sangkar khusus dan bersih serta tidak lupa dikerodong. Untuk sementara waktu jangan mandikan burung dan jemur burung. Hal pertama ialah membersihkan sangkarnya dari segala kotaran dan feces yang menempel. Selanjutnya berikan obat nyilet untuk Lovebird. Jika dirasa badannya sudah lumayan membaik, setiap pemilik baru bisa memandikan dan menjemurnya. Namun jangan terlalu lama menjemurnya cukup dilakukan selama 30 menit saja. Jika sudah selesai, kerodong dan gantang burung seharian di tempat-tempat yang tenang dengan udara yang sejuk. Lakukan hal ini setiap hari sampai burung sehat kembali.